Ilmu

“Allah SWT tidak mencabut ilmu secara langsung dari dada manusia, tetapi Dia mencabut ilmu dengan mematikan para ulama. Sehingga tidak ada ‘alim yang tersisa, dan akhirnya manusia berkiblat kepada orang-orang jahil, yang jika dimintakan fatwa maka merekapun berfatwa tanpa dasar ilmu, sehingga mereka sesat lalu menyesatkan.” (Muttafaq Alaih)

Mari kita renungkan sejenak sahabat, betapa banyak orang yang mengekspose kematian para aktris, pemain sepak bola atau mereka yang dijadikan “public figure”, dan mereka berbela sungkawa dan bersedih untuk mereka. Tidak salah memang, tapi bagaimana kepedulian kita dengan mininggalnya para ‘alim dan ulama? Meninggalnya para penghafal Al Qur’an, penghafal hadist?

Sedalam apakah ilmu yang kita miliki akan agama kita? Tahukah bahwa zionis telah menjadikan bahasa arab sebagai kurikulum wajib sejak SD. Apa tujuan mereka? Yaitu mempelajari Islam untuk melawannya. Lantas apa yang sudah kita pelajari?

Seorang ulama Rabbani yang sebenarnya adalah orang yang mempunyai pengetahuan, mengamalkan ilmunya itu dan mengajarkannya kepada manusia. Sebagaimana firman Allah SWT :”Akan tetapi (dia berkata), ‘Hendaklah kamu menjadi orang-orang Rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.'”(QS Ali Imran:79)

Jika keberadaan ulama seperti mereka itu merupakan rahmat, berkah, dan nikmat bagi umat, maka kematian mereka tentunya adalah musibah, kerugian, dan suatu bencana. Ali r.a. berkata “Jika seorang ‘alim meninggal, maka dalam Islam ada suatu kekurangan, dan tiada yang dapat menutupi kekurangan itu, kecuali jika ada penerus yang menggantikan posisisnya.”

Perhatian kita akan masa lalu dan masa datang, seyogyanya diimbangi dengan sikap kita sahabat. Sikap untuk terus belajar dan membelajarkan. Memerangi mereka yang memerangi para ‘alim dan ulama. Memusnahkan mereka yang berusaha memunaskan kebenaran. Mari kita persembahkan yang terbaik dari kita untuk-NYA. Engkau lebih tahu apa seharusnya Engkau lakukan sahabat,.

Semoga ini sedikit memberikan renungan dan semangat untuk terus bergerak dan berjuang. Semoga bermanfaat… ^_^